Minggu, 01 Desember 2019

Pengertian Light Pen, Fungsi Light Pen dan Cara Kerja Light Pen

Pengertian Light Pen (Pena Cahaya) adalah sebuah haedware berbentuk pointer elektronik atau input device yang difungsikan untuk mengambar atau grafis pada perangkat komputer atau laptop secara real time. 
Light pen juga bisa dikategorikan kedalam hardware opsional untuk menganti mouse dan keyboard, Light pen juga memiliki papan gambar berbentuk kotak persegi, papan ini digunakan jika perangkat komputer kalian belum menggunakan touchscreen.
Lightpen merupakan inovasi terbaru dari perangkat input karena alat ini digunakan seperti layaknya anda menulis pada sebuah kertas. Light pen merupakan salah satu perangkat masukan yang berbentuk pena cahaya apabila pena di dikatkan ke monitor akan membentuk goresan sesuai dengan goresan yang kita lakukan.
Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam,dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Dengan menggunakan lightpen, anda dapat langsung memasukan data, baik berupa angka maupun huruf ke dalam CPU melalui layar monitor

Pengertian Light Pen, Fungsi Light Pen dan Cara Kerja Light Pen
Perlu diketahui, bahwa pada perangkat lightpen terdapat sebuah kabel yang menghubungkan antara lightpen dengan monitor, sehingga monitor yang digunakan bukanlah monitor yang biasa dipakai melainkan monitor khusus yang memiliki kabel penghubung dengan lightpen.
Contohnya seperti Notebook Sharp menghubungkan lightpen dengan sebuah kabel halus ke komputer dan lightpen tersebut digunakan untuk menuliskan pada sebuah bidang daftar atau tidak dituliskan ke layar monitor. Pengunaan lightpen ini biasanya menggunakan program untuk melakukan perancangan sebuah sketsa, gambar, membuat design bangunan, seperti pada CAD (Computer Aided Design) atau CAM (Computer Aided Manufacturing).

Fungsi Light Pen

Light Pen adalah sebuah alat untuk modifikasi atau design gambar dan juga memungkinkan Pengguna untuk menunjuk objek yang ditampilkan, atau menggambar pada layar. Light pen (pena cahaya) merupakan suatu peralatan input yang memiliki fungsi sama dengan mouse maupun keyboard.
Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik. Cara penggunaanya yaitu dengan menyentuh layar dan mendeteksi pancaran cahaya dari fosfor layar selama proses pemindaian, dan light pen sangat akurat karena dapat menandai piksel secara individual sehingga dapat digunakan untuk pemilihan yang lebih baik.
Light Pen berfungsi untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

Cara Kerja Light Pen

Cara penggunaannya adalah dengan menunjuk ujung alat ke monitor komputer yang peka terhadap cahaya, dengan begitu apabila pena ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer maka sensor ektronik tersebut akan dihantarkan dan akan dimengerti oleh program dalam komputer.

Kelebihan Light Pen

  • Direct pointing device (kendali langsung di permukaan layar).
  • Tidak memerlukan koordinasi antara mata dengan tangan.
  • Pengguna dapat langsung mengubah / memanipulasi apa yang tampak pada layar komputer.
  • Sangat berguna sebagai pointing and positioning device.

Kekurangan Light Pen

  • Saat menggunakan lightpen, sebagian layar tertutup oleh tangan (jika sudah menggunakan touchscreen)
  • Physical fatigue (kelelahan) atau melelahkan tangan.
  • Tangan jauh dari keyboad.
  • Light pen harus di angkat.
  • Light pen dapat mengganggu layar.
  • Mudah rusak atau patah
  • Mudah hilang
SUMBER: komputerdia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar