Minggu, 01 Desember 2019

Pengertian Bluetooth: Fungsi, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Kerja Bluetooth

Pengertian Bluetooth

Bluetooth merupakan suatu peralatan media komunikasi yang bisa digunakan untuk menghubungkan sebuah perangkat komunikasi dengan perangkat komunikasi lainnya. Nah, bluetooth ini biasanya digunakan pada komputer, handphone, tablet, dan masih banyak lagi. Bluetooth sendiri pada umumnya berfungsi untuk mempermudah kita dalam berbagi atau sharing file, audio, menggantikan penggunaan kabel dan sebagainya.

Nah, perlu kamu ketahui, bahwa bluetooth beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz menggunakan frekuensi hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi wireless atau tanpa kabel dan juga suara secara real – time antara host – host bluetooth namun dengan jarak yang cukup terbatas. Selain itu, bluetooth juga pada dasarnya diciptakan bukan hanya untuk menggantikan atau menghilangkan penggunaan media kabel dalam melakukan pertukaran data atau informasi.
Akan tetapi, bluetooth mampu menawarkan fitur yang bagus atau baik untuk teknologi tanpa kabel atau mobile wireless dengan biaya yang relatif rendah, konsumsi daya yang rendah, interoperability yang menjanjikan, mudah dalam pengoperasiannya dan mampu menyediakan layanan yang bermacam – macam. Maka dari itu, saat ini sudah banyak sekali kita jumpai perangkat elektronik yang menggunakan teknologi bluetooth ini.


Fungsi Bluetooth

Ada beberapa fungsi bluetooth yang perlu diketahui, dan berikut fungsi bluetooth dalam hakikatnya.

1. Mengirim dan Menerima File

Seperti yang telah kita singgung diatas, bahwa fungsi bluetooth pada umumnya untuk berbagi atau sharing file tanpa menggunakan kabel data. Jadi, dengan menggunakan bluetooth kita bisa mengirim file berupa gambar, dokumen, lagu dan data yang lainnya baik melalui antar handphone, handphone ke komputer ataupun sebaliknya.

2. Untuk Print File

Jika ingin mencetak atau print namun harus menyambungkan kabel ke laptop, tentunya akan terasa sangat merepotkan bukan? Apalagi jika kabel printer tersebut sangatlah pendek, pastinya akan semakin ribet.  Oleh karena itu, bagi kamu yang tidak ingin melakukan hal – hal yang merepotkan tersebut karena mungkin akan cukup memakan waktu, maka kamu bisa beralih menggunakan printer yang sudah support dengan bluetooth karena itu akan sangat memudahkan dan menguntungkan kamu pastinya.

3. Mengkoneksikan Mouse dengan Keyboard

Memiliki kabel mouse yang sangat panjang tentunya akan sangat mengganggu bukan? Untuk bergerak sana sini pun jadi susah, sehingga kamu tidak bisa menggerakannya dengan bebas. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, maka kamu bisa menghubungkan mouse dan keyboard dengan menggunakan bluetooth loh.
Karena seperti yang kita tahu, bahwa saat ini telah beredar luas dipasaran perangkat keyboard dan mouse tanpa kabel dengan harga yang bervariasi. Berkembangnya mouse dan keyboard tanpa kabel ini tentunya semakin memudahkan kita bekerja menggunakan komputer tanpa harus repot – repot untuk mengatur kabel.

4. Digunakan Sebagai Modem

Jadi, bluetooth ternyata bisa kita gunakan sebagai modem loh. Nah, buat kamu yang hobi banget mengakses sosial media, chatting atau hanya sekedar browsing di internet, maka teknologi yang satu ini cocok sekali untuk kamu gunakan. Caranya yaitu kamu cukup setting pada komputer, maka kamu bisa terhubung ke internet melalui media bluetooth.
Selain itu, bluetooth juga bisa kamu gunakan untuk berbagi koneksi internet atau tethering ke pengguna smartphone lain dengan syarat pengguna lain harus terhubung dengan smartphone yang berperan sebagi pusatnya.

5. Mendengarkan Musik tanpa Kabel

Tahukah kamu, bahwa ada dua perangkat audio yang sudah mendukung teknologi bluetooth saat ini loh. Nah, perangkat tersebut yaitu headset dan speaker. Jadi, jika kamu ingin mendengarkan musik dengan suara yang tenang tanpa mengganggu orang lain dan tanpa perlu repot – repot lagi dengan masalah kabel, maka kamu bisa beralih menggunakan headset bluetooth.
Namun sebalinya jika kamu ingin mendengarkan musik dengan suara yang kencang dan keras, maka kamu bisa beralih menggunakan speaker yang sudah support dengan bluetooth karena produk tersebut sudah banyak beredar dipasaran.


Cara Kerja Bluetooth

Perlu kamu ketahu, bahwa sistem bluetooth terdiri atas sebuah radio transceiver, baseband link Management dan Control, Baseband (processor core, SRAM, UART, PCM USB Interface), flash dan juga voice codec.
  • Radio transceiver menerima dan mengirim sinyal berupa gelombang radio.
  • Baseband link controller menghubungkan perangkat keras atau hardware radio ke baseband processing dan layer protokol fisik.
  • Link manager melakukan aktivitas protokol tingkat tinggi, yaitu melakukan link setup, autentikasi dan konfigurasi perangkat bluetooth yang terhubung
Nah, perangkat – perangkat tersebut akan bekerja agar kita dapat mengirimkan data antara satu sama lainnya.


Kelebihan Dan Kekurangan Bluetooth

Untuk lebih mengetahui tentang bluetooth, ketahui juga kelebihan bluetooth dan kekurangan bluetooth.

Kelebihan:

  • Praktis dan tidak ribet dalam penggunaanya.
  • Bluetooth tidak memerlukan media kabel ataupun kawat.
  • Dapat menembus rintangan, seperti dinding, kotak, atau yang lainnya. Meskipun jarak transmisinya hanya 10 M.
  • Dapat mensingkronisasi data dari Handphone ke Komputer atau laptop.
  • Dapat digunakan sebagai perantara modem.

Kekurangan:

  • Beredarnya virus-virus yang disebarkan melalui bluetooth, khususnya dari handphone.
  • Kecepatan dalam transfer data tidak tetap, tergantung dari perangkat yang dipakai untuk mengirim dan menerima data.
  • Menggunakan frekuensi yang sama dengan gelombang WiFi.
  • Banyaknya mekanisme keamanan yang perlu diperhatikan untuk mencegah kegagalan pengiriman data atau penerimaan data.
  • Sulitnya menemukan penerima yang dituju ketika terlalu banyak koneksi bluetooth yang ada didalam satu ruangan.

Nah, itulah pembahasan di artikel kali ini mengenai Pengertian Bluetooth, Fungsi Dan Cara Kerjanya yang telah kami jelaskan secara ringkas. Semoga informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu mengenai media wireless yang satu ini. Mungkin itu saja yang kami sampaikan di kesempatan kali ini, jika ada yang ingin kamu tanyakan seputar topik pembahasan diatas langsung saja tulis di kolom komentar.

SUMBER: mastekno.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar